Peserta Geltek 2018 Diharapkan Segera Mempratikkan Ilmunya

Home / Berita / Peserta Geltek 2018 Diharapkan Segera Mempratikkan Ilmunya
Peserta Geltek 2018 Diharapkan Segera Mempratikkan Ilmunya Peserta Geltek 2018 yang terdiri dari petani dan penyuluh pertanian. (FOTO: Bahrullah/TIMES Indonesia)

TIMESSANGGATTA, BONDOWOSO – Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Bondowoso, H Karna Suswandi berharap peserta yang mengikuti gelar Teknologi (Geltek) Pertanian 2018 bisa segera mempraktikan ilmu yang didapat dari acara tersebut.

Karna menjelaskan, kegiatan yang digelar di Desa Taman, Kecamatan Grujugan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di sekor pertanian, baik petani, kelompok tani, dan penyuluh.

"Kegiatan Geltek perlu dilaksanakan setiap tahun, karena teknologi pertanian setiap waktu selalu berkembang, seiring dengan perkembangam zaman," ujarnya, Rabu (9/5/2018). 

Dalam kegiatan ini, peserta yang terdiri dari petani dan penyuluh pertanian mendapatkan ilmu 
tata cara perawatan tanaman, mulai dari pembibitan, penanaman dan pemeliharaan melalui teknologi pertanian.

Di lahan seluas 2,4 hektar di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, yang menjadi tempat acara Geltek 2018, kata Karna, sudah ditanami berbagai jenis tanaman, yang meliputi tanaman sayur, buah-buahan, palawija, dan ditambah peternakan, seperti kambing, ayam dan sapi.

"Ada juga tanaman buang, ditanam untuk menyerap polusi yang mengandung racun, menangkal hama tanaman, sehingga menciptakan udara yang sehat dan segar," ucapnya.

Munandar, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan menambahkan, Geltek kali ini merupakan agenda tahunan yang termasuk dalam kalender wisata Ijen Festival 2018.

Munandar mengatakan, kegiatan ini sebagai sarana untuk memperkenalkan berbagai macam varietas tanaman, padi, jagung, holtikultura, kopi, kakao dan peternakan yang berpotensi untuk dikembangkan di masyarakat.

“Kami ingin meningkatkan sektor pertanian dengan terus menggunakan teknologi mutakhir. Kami juga ingin menjalin kemitraan antara perusahan dan petani yang bergerak di bidang pertanian, seperti pupuk, obat-obatan dan alsintan, agar petani Bondowoso bisa sukses,” terangnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com